-->

Monday, January 29, 2018

Belajar Cara Manipulasi String pada Bahasa Program Java

String di pembelajaran pemrograman Java bukan termasuk ke dalam tipe data primitif seperti integer ,double ,ataupun boolean. String adalah tipe data referensi serta merupakan suatu Object. Di class atau library bahasa pemrograman Java ,menyediakan sebuah Class String untuk menghasilkan ,serta memanipulasi ,urutan karakter(CharSequence) yang menjadi sebuah String. String dapat kita manipulasi dengan cara di pecah (split) ,dapat kita gabungkan (concatenate) ,dapat kita bandingkan (compare),dan dicari (search).  Jadi saat kalian menginisialisasi nilai object Seperti : String halo = "Halo Dunia" ,yang sebenarnya adalah String halo = new String("Halo Dunia"). Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan belajar mengenal contoh beberapa manipulasi String di bahasa pemrograman Java. Berikut mari kita simak lebih lanjut :

Pada dasarnya , String adalah tipe data Object atau Referensi,  yang merepresentasikan  kumpulan nilai dengan tipe data char, yang termasuk tipe data primitif.

Setiap karakter yang digunakan di dalam String ,  di referensikan berdasarkan index  yang dimulai dari angka 0.

Di dalam class library String ,juga terdapat banyak method yang dapat di operasikan seperti .substring() , .length() , dan lain sebagainya.

String juga mengimplementasi 3 interface yaitu  interface Serializable, Comparable dan CharSequence.

Interface CharSequence , digunakan untuk merepresentasikan urutan karakter. Interface ini juga digunakan pada class StringBuffer dan StringBuilder.

Contoh Code
 static public void main(String[] kabayandroid) {
         //menginisialisasi String
        String halo = new String("halo " );
        //sama dengan
        char data[] = {'h', 'a', 'l','o'};
        String str = new String(data);
         //menggabunkan (concatenate)
        String tampil = halo+str+" bro ";
         //mencetak output dengan Besar Semua dan Kecil Semua
       System.out.println(tampil.toUpperCase());
       System.out.println(tampil.toLowerCase());
     
}

Output:
HALO HALO BRO
halo halo bro

Penjelasan  :
Seperti yang kalian lihat code diatas ,kita dapat menginisialisasi object dengan cara , String halo = new String("halo " );  Serta kita juga dapat menggabungkan beberapa tipe data char char data[] = {'h', 'a', 'l','o'};  lalu kita inisialisasi object baru dengan cara String str = new String(data); hasilnya pun sama.

Kita juga dapat menggabungkan beberapa object String ,dengan object baru atau dengan nilai atau value yang berbeda.  String tampil = halo+str+" bro ";

Serta kita juga dapat membuat nilai value dari object String ,menjadi textnya besar semua (.toUpperCase()) atau kecil semua(.toLowerCase()).

Semoga tutorial Belajar Cara Manipulasi String pada Bahasa Program Java di atas berguna bagi pembaca.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
banner

Delivered by FeedBurner